My Lilypie

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Jumat, 30 April 2010

Manfaat Doa

1. Do’a merupakan bentuk ketaatan kepada Allah dan melaksanakan perintah-Nya. (Al Ghafir 60)
2. Do’a menghilangkan dalam sifat khibr atau sombong (dari beribadah kepada Allah) (Al Mu’min 60) Imam Asy Syaukani : ayat tersebut menunjukkan bahwa do’a termasuk ibadah dan Allah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk berdo’a.
3. Do’a merupakan sesuatu yang mulai bagi Allah. ‘Tidak ada sesuatu yang lebih mulia bagi Allah melainkan do’a’ (HR Ahmad, Bukhari, Ibnu Majah, Tirmidzi, Hakim, dishahihkan oleh Syaikh Albani). Hal ini karena do’a menunjukkan kelemahan seorang hamba.
4. Sebab lapangnya dada, menghilangkan kesedihan, kegundahgulanaan, menghilangkan kesulitan, kesempitan.
5. Sebagai sebab untuk menolak kemurkaan Allah, sebab orang yang tidak berdo’a kepada Allah, Allah akan murka kepada-Nya. ‘Barangsiapa yang tidak meminta, memohon kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya’ (HR Ahmad, Tirmidzi, Hakim, dihasankan oleh Syaikh Albani). Berbeda dengan tabiat manusia, yang tidak senang apabila diminta.
6. Do’a menunjukkan kepada tawakal kita kepada Allah ‘Azza wa Jalla, sebab rahasia dan hakikat tawakal adalah bersandarnya hati ini hanya kepada Allah saja.

Disampaikan oleh : Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas, pada hari Selasa, 25 Jumadil Akhir 1423 H / 3 September 2002 di Masjid Al Anshor, Sunter II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar